Cara Membuat Navigasi Breadcrumb Di Blogger

Tutorial Blogspot ~ Penasaran DenShoim mengenai Breadcrumb. Apa itu breadcrumb, bagaimana breadcrumb, apa manfaat breadcrumb masih samar bagi saya. Cari mencari segala sesuatu mengenai breadcrumb akhirnya ketemu juga Cara Membuat Navigasi Breadcrumb di blogspot. Pada intinya breadcrumb itu adalah tulisan yang menyatakan dimana skema postingan tertentu berada, biasanya terletak di atas judul posting. Bingung? sama..hehe yang penting saya sudah paham apa itu breadcrumb meskipun tidak bisa menguraikan dengan baik.

Oke, dilanjut. Berdasarkan penerawangan dari orang pintar bahwa Search Engine Optimization (SEO) blog yang memiliki breadcrumb konon punya daya SERP yang tinggi di mata search engine seperti Google , Yahoo, Bing dan semacamnya dibanding blog tanpa breadcrumb. Nah, kesimpulan dari omongan mbah dukun tadi, bahwa navigasi breadcrumb di blogspot mendukung dalam proses meningkatkan kekuatan SEO blog. Hlo kok bisa? Yah apa itu SERP utawa SEO aja saya ga paham. Orang pinter bilang breadcrumb itu bagus buat SEO, ya jalani aja.

Dan Cara Membuat Navigasi Breadcrumb Di Blogger di Tutorial Blogspot dicomot dari blog Saung Web. Dituturkan di blog tersebut, Breadcrumb adalah link navigasi yang biasanya tampil cantik di atas judul atau title posting dalam modus postingan bukan dalam modus Home seperti terlihat pada blog ini dimana Breadcrumb menampilkan Halaman Depan atau Home > Label> Judul Posting. Nah,,paham kan apa itu breadcrumb?

Sekarang bagaimana Cara Membuat Menu Navigasi Breadcrumb di Blogger alias blogspot dijabarkan langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Log in ke account sobat di blogger.com
  2. Klik tanda panah, lalu pilih Template
  3. Sebaiknya backup template dulu dengan klik Backup / restore atau Cadangkan / Pulihkan, lalu klik download full template.
  4. Klik tanda x untuk kembali ke menu template
  5. Selanjutnya plih Edit HTML  --> klik Procced atau proses
  6. Centang pada Expand Widget Templates
  7. Cari kode <b:if cond='data:post.title'>  untuk memudahkan mencarinya gunakan Ctrl +F
  8. Paste kode di bawah ini dan letakkan dibawah atau setelah kode  tersebut
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div class='breadcrumb'>
    <a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a> &#187;
    <b:if cond='data:post.labels'>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a>
    <b:if cond='data:label.isLast != "true"'>,</b:if>
    </b:loop>
    &#187;
    </b:if>
    <data:post.title/>
    </div>
    </b:if>
  9. Selanjutnya sobat blogger cari kode   ]]></b:skin>  dan copy paste kode ini di atasnya :
  10. .breadcrumb { padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 10px 0px; font-size:90%; line-height: 1.2em; border-bottom:3px double #e6e4e3; }
  11. Sampai disini proses Buat Navigasi Breadcrumb di Blogger selesai, selanjutnya tinggal Save Template.
  12. Lihat hasilnya , ada gak ??.. Ohya kalau gak tampil mungkin sobat belum membuat Label pada postingannya.. artinya dalam setiap artikel harus ada labelnya gitu lhooo..
Demikian Cara Membuat Navigasi Breadcrumb di Blogger yang saya temukan, semoga bermanfaat. Perlu diingat bahwa breadcrumb ini cuma salah satu faktor saja dalam meningkatkan SERP dimata Search Engine bagaimanapun, keaslian konten, kecepatan loading, template SEO friendly serta internal link yang baik adalah empat faktor yang sangat signifikan di mata Google. Materi selain Cara Membuat Navigasi Breadcrumb di Blogger kita bahas selanjutnya.
Previous
Next Post »