Cara Mengganti dan Menambah Style Font di Template Blogger

Tutorial Blogspot ~ Pastinya banyak yang sudah tahu Bagaimana Cara Mengganti dan Menambah Style Font di Template Blogger namun tidak ada salahnya berbagi ilmu yang Den Shoim dapatkan dari bung Indra mengenai cara mengganti ataupun menambah font style pada template blogspot. Memang sudah kodratnya bahwa hampir semua orang ingin tampil eksklusif, unik, berbeda dengan lainnya. Anda suka simpel, dia suka gemerlap, saya mungkin seadanya. Yah, memang macam-macam sekali pemikiran orang. Satu kepala satu pemikiran.

Baiklah langsung saja kita bahas mengenai trik mengganti font style untuk disematkan di template blogger atau biasa disebut juga blogspot. Kita bahas tips cara mengganti maupun menambah style font versi Bung Indra di Cara Mengganti dan Menambah Style Font di Template Blogger. Pasti anda sudah mengerti apa itu font, font adalah jenis atau gaya tulisan. Pada blogspot (blogger), anda bisa mengganti font pada template anda, namun jumlah jenis font sangat terbatas. Beberapa jenis font yang dimiliki blogger yaitu arial, courier, georgia, lucida grande, times, trebuchet, verdana dan webdings. Jenis font milik blogspot terlalu umum barangkali membuat Anda kurang bisa tampil beda. Untuk itu inilah trik dan tips bagaimana kita bisa memperoleh bermacam-macam font untuk digunakan ditemplate anda. Mari kita simak bersama tutorial berikut ini:
  1. Buka situs Google Web Font http://www.google.com/webfonts/#ChoosePlace:select
  2. Cari jenis font yang diinginkan, tambahkan beberapa font dengan mengklik tombol Add to Collection.
  3. Klik tombol Use disebelah kanan bawah browser
  4. Bagaimana Cara Menambah dan Mengganti Style Font di Template Blogger
  5. Selanjutnya cari kode seperti di bawah ini (kode ini hanya contoh saja tidak perlu anda kopi) Copy kode dari Google Font tersebut.
    <link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Condiment' rel='stylesheet' type='text/css'>
  6. Login ke akun blogger Anda
  7. Masuk ke Template -> Edit HTML
  8. Pada template anda carilah kode seperti ini <![CDATA[/*
  9. Bagaimana Cara Mengganti dan Menambah Style Font di Template Blogger
  10. Pastekan kode yang dicopy dari Google Web Font tadi diatas kode <![CDATA[/*
  11. Tambahkan kode slash "/" yang berwarna merah pada akhir kode yang dipaste tadi sehingga terlihat seperti dibawah ini:
  12. <link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Condiment' rel='stylesheet' type='text/css'/>
  13. Sekarang anda tinggal mengganti font pada template anda. Saya contohkan bagaimana cara mengganti font header di template anda.
  14. Carilah kode #header h1 atau h2.postTitle {
  15. Setelah itu ganti font family yang tadi anda pilih, contohnya seperti dibawah ini: Kode awal pada template sebelum dirubah
  16. #header h1{color:#00008B;font-size:26px;font-family: Arial ;font-weight:700;text-decoration:nnne;margin:0;padding:10px 0 0 10px}
    Kode setelah dirubah
    #header h1{color:#00008B;font-size:26px;font-family:'Condiment', cursive;font-weight:700;text-decoration:nnne;margin:0;padding:10px 0 0 10px}

Akhirnya setelah mencari ke sana kemari mengenai Bagaimana Cara Mengganti dan Menambah Style Font di Template Blogger berhasil juga. Semoga share tips dan trik milik Bung Indra tentang mengganti ataupun menambahkan font style pada template blogger bisa juga bermanfaat buat Anda pembaca. Silahkan dicoba aja, tapi jangan lupa ikuti langkah di atas dengan baik dan ingat untuk back up template anda. Sekian dan selamat mencoba!
First