Membuat Pesan Hanya Untuk Postingan Author/Penulis Tertentu

Tutorial Blogspot ~ Sepertinya menarik tulisan dari Sobat Muhammad Hidayatullah mengenai Membuat Pesan Hanya Untuk Postingan Author/Penulis Tertentu. Ini bisa dijadikan motivasi bagi para blogger borongan (satu blog dengan beberapa akun penulis) yang barangkali dikarenakan sibuk sehingga bergantian dalam mengisi blog tersebut. Dengan adanya pesan hanya untuk postingan dari author tertentu kita sebagai pembaca diharapkan lebih mengetahui siapa penulis dibalik posting tersebut.

Dalam blognya, Sobat Muhammad Hidayatullah memberikan tips bagaimana cara membuat pesan khusus untuk author atau penulis tertentu dalam suatu posting. Pernah kepikiran membuat tulisan khusus yang membedakan masing-masing author untuk memperkenalkan sang penulis maupun agar ada pembeda antara penulis satu dengan lainnya. Namun sayang karena keterbatasan kemampuan keinginan untuk itu terlupakan begitu saja. Bertanya pada mbah gugel pun percuma saja, apa yang mau ditanyakan juga ngga paham.

Secara tidak sengaja saya temukan postingan mengenai Membuat Pesan Hanya Untuk Postingan Author/Penulis Tertentu dari Sobat Muhammad Hidayatullah tersebut yang bisa kita gunakan untuk menulis pesan seperti motto penulis, biodata singkat atau petunjuk tentang blognya. Baiklah langsung saja ke tahap-tahap membuat pesan khusus untuk author tertentu pada suatu posting berdasarkan penjabaran dari Sobat Muhammad Hidayatullah tersebut.

Silahkan gunakan kode berikut ini:
<b:if cond='data:post.author == "NickPenulis"'>
..............
</b:if>

Nick penulis ganti dengan user name Anda di Blogger. Titik-titik ganti dengan widget atau script Anda. Yang perlu diingat kode ini hanya bisa diaplikasikan di divisi postingan karena mengandung data:post.author

Contoh Penerapan
Silahkan Anda ikuti tutorial berikut ini untuk mencoba penerapan trik ini:
1. Login blogger
2. Tata Letak
3. Edit HTML
4. Centang Expand Templates Widget
5. Tambahkan css berikut di atas ]]></b:skin>
.authormessage{
    padding:10px;
    margin:5px 0px;
    background:#000;
    color: #fff;
    border:1px solid #ddd;
    line-height:1.6em;
}

6. Cari kode <data:post.body/>
Jika Anda telah gunakan readmore akan ada dua kode, silahkan Anda tambahkan script berikut ini di bawah kode yang kedua:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:post.author == "NickPenulis"'>
<div class='authormessage'>
Script atau tulisan Anda disini
</div>
</b:if>
</b:if>

Keterangan:
- <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> Adalah script agar gadget hanya ditampilkan di halaman postingan. Silahkan hapus jika ingin gadget juga tampil di halaman depan.
- <b:if cond='data:post.author == "NickPenulis"'> adalah script untuk menampilkan gadget hanya di postingan penulis tertentu. Jangan lupa ganti Nick Penulis.
- Script atau tulisan Anda disini silakan diganti dengan pesan penulis atau script gadget tertentu.

7. Jika sudah benar, silahkan simpan template Anda.

Jika Kebalikannya, Tampil di Selain Postingan Penulis Tertentu

Jika ingin menampilkan gadget selain di postingan penulis tertentu, artinya gadget tidak akan tampil di halaman postingan yang dibuat oleh seorang penulis yang di sertakan di kode, maka kodenya menjadi seperti ini:
<b:if cond='data:post.author != "NickPenulis"'>
.................
</b:if>

Demikian ulasan Membuat Pesan Hanya Untuk Postingan Author/Penulis Tertentu sebagai koleksi trik blogspot pada TUTORIAL BLOGSPOT. Saya ucapkan terima kasih pada Sobat Muhammad Hidayatullah atas sebaran ilmu yang bermanfaat.
Previous
Next Post »